Indonesian Indonesian
Louis dari Thuringia

Beato Louis dari Thuringia

Ludovikus dari Thuringia, Ludwig dari Thuringia

Louis dari Thuringia

Beato Louis dari Thuringia

Ludovikus dari Thuringia, Ludwig dari Thuringia




Pangeran Jerman ini hidup pada akhir abad keduabelas dan awal abad ketigabelas. Ketika usianya duapuluh satu tahun, ia dinikahkan dengan St Elizabeth dari Hungaria yang baru berusia empatbelas tahun. Pernikahan ini diatur oleh kedua orangtua mereka seturut kebiasaan pada masa itu. Louis dan Elizabeth, keduanya mengasihi Tuhan; dan Ia menumbuhkan cinta kasih mesra di antara mereka. Demikianlah, mereka hidup berbahagia bersama. Kebahagiaan mereka semakin bertambah ketika Tuhan menganugerahi mereka tiga anak. Yang bungsu adalah B Gertrude.

Louis membantu isterinya dalam banyak karya amal kasih kepada fakir miskin. Ia juga bersamanya dalam doa yang saleh. Dari waktu ke waktu, rakyat melihat pangeran mereka yang tampan dan isterinya yang cantik bahu-membahu menolong mereka yang malang. Dikisahkan bahwa suatu ketika Elizabeth membawa masuk seorang kusta ke dalam istana dan merawatnya di atas tempat tidur mereka. Sejenak, ketika Louis melihatnya, ia naik pitam. Tetapi, sekonyong-konyong, bukannya melihat si kusta malahan ia melihat Yesus yang tersalib terbaring di sana. Setelah kejadian itu, yang menunjukkan betapa Yesus berkenan atas karya kasih Elizabeth, Louis memerintahkan agar dibangun sebuah rumah sakit untuk para penderita kusta.

Di suatu musim dingin yang menggigit, Louis harus pergi jauh dari negerinya. Ketika ia kembali, Elizabeth amat bersukacita. Tahun berikutnya, Louis pergi dalam suatu Perang Salib demi membebaskan Tanah Suci dari kaum Muslim. Tetapi, di tengah perjalanan ia terjangkit malaria dan tak lama kemudian wafat. Sebab senantiasa hidup dalam persatuan yang erat dengan Yesus, penguasa yang gagah berani ini tidak takut mati. Ia menyambut Sakramen Perminyakan dan wafat dalam damai pada tahun 1227


  • Hits
    2624
  • Diterbitkan
    21 August 2013
  • Diperbaharui
    21 September 2014
  • Referensi
  • Tags
    Bangsawan - Hungaria - Pangeran - Perang Salib

  • Arti nama

    Nama " Louis"  Berasal dari nama Latin :  Ludovikus  yang berarti : "Kesatria"

    Variasi Nama

    Louis, Loïc, Ludovic (French), Lewis (English), Lodewijk (Dutch), Chlodovech, Clodovicus, Ludovicus, Clovis, Hludowig (Ancient Germanic), Koldobika, Koldo (Basque), Loïc (Breton), Lluís (Catalan), Alojz, Alojzije (Croatian), Alois, Ludvík, Luděk (Czech), Ludvig (Danish), Ludoviko, Luĉjo (Esperanto), Lois (Galician), Alois, Aloysius, Ludwig, Lutz (German), Alajos, Lajos (Hungarian), Lúðvík (Icelandic), Alaois (Irish), Alvise, Lodovico, Ludovico, Luigi, Gino, Luigino, Vico (Italian), Ludis, Ludvigs (Latvian), Liudvikas (Lithuanian), Aloys, Aloysius (Medieval Occitan), Ludvig (Norwegian), Loís (Occitan), Alojzy, Ludwik (Polish), Aloisio, Luís, Luisinho (Portuguese), Luiz (Portuguese (Brazilian)), Alojz (Slovak), Alojz, Alojzij, Ludvik, Lojze (Slovene), Luis, Lucho (Spanish), Ludvig, Ludde (Swedish)

    BENTUK FEMINIM : Louise (French), Louisa, Louise (English), Loes, Louisa, Louise (Dutch)


    Pilih Topik