Indonesian Indonesian
Celsus

Santo Celsus

Selsus dari Roma, Celsus of Rome

Celsus

Santo Celsus

Selsus dari Roma, Celsus of Rome




Ketika Kaisar Nero mulai menganiaya umat Tuhan, Santo Nazarius menyelamatkan diri ke Lombardi, mengunjungi Piacenza dan Milan. Ia kemudian tertangkap, dihukum cambuk dan diasingkan ke Gaul (Sekarang Perancis).

Di Gaul, Nazarius bertemu dengan Santo Celsus yang saat itu masih berusia 9 tahun. Ibunda Celsus telah meminta Nazarius untuk mengajari mereka iman Kristiani. Nazarius lalu mendidik dan membabtis Celsus serta menjadikannya rekan seperjalanan dalam mewartakan iman Kristiani di Gaul.

Bertahun-tahun Nazarius dan Celsus berkarya dan membawa banyak jiwa di Gaul menjadi umat Tuhan. Hal ini membuat otoritas Romawi murka. Keduanya ditangkap, disiksa, dan dipenjarakan.  Mereka baru dibebaskan dengan syarat mereka tidak boleh berkhotbah di wilayah Gaul.

Nazarius dan Celsus lalu berkarya di wilayah sekitar Pegunungan Alpen dan membangun sebuah kapel di Embrun. Mereka melanjutkan perjalanan kerasulan mereka ke Jenewa, lalu ke Trier. Mereka tinggal cukup lama di Trier, dan membawa banyak orang ke dalam pelukan gereja.

Nazarius dan Celsus disebutkan meninggalkan Trier menuju Italia. Mereka tiba di Genoa, lalu ke Milan. Mereka tertangkap disana dan dihukum mati dengan cara dipenggal.


  • Hits
    2748
  • Diterbitkan
    03 August 2017
  • Diperbaharui
    03 August 2017
  • Referensi
  • Tags
    Italia - Jerman - Martir - Perancis - Swiss

  • Arti nama

    Celsus = Nama Latin yang berarti : “Tinggi”

    Variasi Nama

    Celso (Italian), Celso (Portuguese), Celso (Spanish)


    Pilih Topik