Indonesian Indonesian
Winebald

Santo Winebald

Winebald of Heidenheim

Winebald

Santo Winebald

Winebald of Heidenheim




Santo Winebald lahir pada tanggal 21 Oktober 700 M di Wesex, Inggris, dalam keluarga aristokrat. Ia adalah putra Santo Richard (Santo Richard Peziarah), raja bangsa Saxons di Wessex Inggris. Dua orang saudaranya juga menjadi orang kudus; yaitu Santa Walburga dan Santo Willibaldus. Seorang pamannya, yaitu adik dari ibunya, adalah Santo Bonifasius, Uskup dan rasul bangsa Jerman yang terkenal itu.

Pada tahun 722, Winebald bersama ayahnya dan saudaranya Willibald berziarah ke Roma dan tanah suci Yerusalem.  Ia jatuh sakit dalam perjalanan dan harus tinggal di Roma untuk menjalani perawatan. Ayahnya Santo Richard meninggal dunia dalam perjalanan ini. Hanya Willibald yang dapat melanjutkan perjalanan ziarah mereka sampai ke Yerusalem. Walau telah sembuh dari penyakitnya, Winebald tetap tinggal di Roma selama tujuh tahun untuk belajar teologi sebelum akhirnya kembali ke Inggris.

Sekitar tahun 739-740 Winebald bersama saudaranya Willibaldus berangkat ke Jerman untuk membantu pamannya santo Bonifasius dalam karya penginjilan diantara bangsa Jerman. Oleh Santo Bonifasius, Winebald ditahbiskan menjadi seorang biarawan Benediktin dan diutus ke wilayah Thuringia, Bavaria dan Mainz. Karya Winebald terbilang berhasil setelah ia mendirikan biara Benediktin Doble Monastery (biara yang anggotanya terdiri dari para biarawan dan biarawati) di Heidenheim, dan menjabat sebagai kepala biara yang pertama.

Abbas Winebald wafat pada tahun 761 di Heidenheim Jerman.(qq)


  • Hits
    1617
  • Diterbitkan
    28 March 2017
  • Diperbaharui
    16 April 2017
  • Referensi
  • Tags
    Bangsawan - Benediktin - Inggris - Jerman

  • Variasi Nama

    Winebaldus, Winnibald, Wunebald, Wunibald, Wynbald, Wynnebald, Vunibaldo, Vinebaldo

     


    Pilih Topik