Indonesian Indonesian
Soter

Santo Paus Soter

Paus ke-12

Soter

Santo Paus Soter

Paus ke-12




St. Paus Soter adalah seorang paus di masa silam pada masa penganiayaan umat kristen oleh kaisar-kaisar Romawi. Ia adalah seorang bapa sejati bagi segenap umat Kristiani. Ia memberikan banyak pertolongan kepada mereka yang miskin.

Ia memberikan perhatian istimewa kepada mereka yang dijatuhi hukuman kerja paksa di pertambangan-pertambangan berbahaya. Mereka dikirimkan ke sana sebab mereka tak hendak menyangkal iman kepada Yesus. Orang-orang Kristen yang gagah berani ini senantiasa kelaparan. Mereka juga hanya diijinkan untuk beristirahat sebentar saja. Orang-orang Kristen lainnya dibelenggu dalam penjara-penjara. Paus Soter melakukan segala yang mungkin dapat ia lakukan demi menghibur dan menolong mereka.

St Soter juga membantu umat Kristen yang jauh dari Roma. Paus yang kudus ini sungguh seorang pengkhotbah yang ulung. Segenap umat Kristiani senang mendengarkannya menjelaskan iman. Ia berbicara dengan kasih yang begitu rupa. Ia mengilhami mereka untuk dengan gagah berani mati demi Yesus daripada mempersembahkan kurban kepada berhala-berhala. St Soter sendiri menyerahkan nyawa demi Yesus pada tahun 174 setelah melewatkan masa pontifikat selama sepuluh tahun.

 

Setiap Martir Adalah Persembahan Bagi Gereja

 


  • Hits
    2562
  • Diterbitkan
    09 August 2013
  • Diperbaharui
    31 May 2014
  • Referensi
  • Tags
    Italia - Martir - Orang kudus gereja perdana - Paus

  • Arti nama

    Berasal dari kata Yunani "σωτήρ" (sōtēr), yang berarti "Penyelamat" atau "Pembebas"

    Variasi Nama

    Soterus (Deutsch), Sotero (Spanish)


    Pilih Topik