Indonesian Indonesian
Charles Garnier

Santo Charles Garnier

Salah satu dari 8 Martir Kanada

( Ilustrasi : The Canadian martyrs, 1649 )

Charles Garnier

Para Martir Kanada (North American Martyrs)

Santo Charles Garnier

Salah satu dari 8 Martir Kanada




Santo Charles Garnier SJ berasal dari keluarga bangsawan yang kaya. Ayahnya adalah Jean Garnier, sekretaris Raja Henri III dari Perancis, dan ibunya bernama Anne de Garault. Ia masuk seminari Serikat Jesus di Clermont Perancis pada tahun 1624 dan ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1635.

Pada tahun 1636, Pater Garnier ditugaskan untuk menjadi seorang misionaris di New France (Kanada). Awalnya sang ayahnya berusaha melarang Charles untuk menjadi missionaris di Kanada. Ia tahu bahwa sebagai seorang missionaris, charles akan menghadapi barbagai resiko berbahaya bahkan resiko kematian. Namun setelah melihat semangat missionaris yang dalam diri anaknya, Jean Garnier akhirnya merelakan Charles menjalani panggilan hidupnya sebagai missionaris di Dunia baru Kanada.

Charles Garnier tiba di Kanada pada tahun 1636 dan segera ditempatkan di misi Huron bersama dengan sesama imam Jesuit perancis, Pierre Chastellain SJ. Ia menghabiskan sisa hidupnya sebagai misionaris di antara suku Indian Hurons.  Bagi suku Hurons, Charles dijuluki sebagai "Ouracha", atau "pembawa hujani", setelah kedatangannya diikuti oleh hujan lebat yang mengakhiri kekeringan yang berkepanjangan di daerah tersebut.

Kemajuan suku Huron dibawah bimbingan para missionaris mendatangkan iri hati dari Suku Iroqouis. Mereka menganggap para missionaris kulit putih adalah para tukang sihir yang berkerja bagi suku Huron dan mendatangkan kutukan wabah penyakit bagi mereka. Pada tahun 1649 Suku Iroqouis menyerang suku Huron yang menampung para “tukang sihir kulit putih”.

Pada bulan Maret 1649, seorang missionaris Perancis bernama Jean de Brébeuf SJ, tewas dibantai suku Iroqouis. Ketika mendengar kematian sahabatnya itu, Charles Garnier segera menyadari bahwa dia juga mungkin akan segera mati. Pada tanggal 7 Desember 1649 suku Iroqouis menyerang desa suku Huron, Petun, dimana Charles Garnier tinggal. Charles tidak melarikan diri. Ia tertangkap ketika berusaha membantu seorang Huron yang sedang sekarat. Para Iroqouis kemudian memecahkan kepalanya dengan tomahawk.

Santo Charles Garnier SJ, Santo Noel Chabanel SJ, Santo Jean de Brebeuf SJ, santo Gabriel Lalement SJ, Santo Anto nine Daniel SJ, Santo Isak Joques SJ, Santo Rene Goupil dan Santo Jean de la Lande, sekarang sering disebut sebagai para martir Amerika Utara atau para martir Kanada. Mereka dinyatakan kudus oleh Paus Pius XI pada tahun 1931.

 

Setiap Martir Adalah Persembahan Bagi Gereja


  • Hits
    4035
  • Diterbitkan
    09 October 2015
  • Diperbaharui
    18 October 2019
  • Referensi
  • Tags
    Jesuit - Kanada - Martir - Martir Kanada - Perancis

  • Arti nama

    Berasal dari nama Jermanik “Karl” yang berarti "Laki-laki / Jantan / Perkasa".

    Variasi Nama

    Carol (English), Carolus, Karl (Ancient Germanic), Carles, Carlos (Catalan), Karlo (Croatian), Karel (Czech), Carl, Karl (Danish), Karel (Dutch), Kaarle, Kaarlo, Karl, Kalle (Finnish), Carl, Karl (German), Kale (Hawaiian), Károly, Karcsi (Hungarian), Séarlas (Irish), Carlo (Italian), Sjarel (Limburgish), Karolis (Lithuanian), Carl, Karl (Norwegian), Karol (Polish), Carlos, Carlinhos, Carlito, Carlitos (Portuguese), Carol (Romanian), Karol (Slovak), Karel, Karol (Slovene), Carlos, Carlito, Carlitos (Spanish), Carl, Karl, Kalle (Swedish), Siarl (Welsh)

    Bentuk Pendek : Charley, Charlie, Chas, Chaz, Chip, Chuck (English), Charlot (French)

    Bentuk Feminim : Charla, Charlene, Charlotte, Charleen, Sharla, Sharleen, Sharlene (English), Carole, Charline, Charlotte (French)


    Pilih Topik