A Catholic Online Directory

Santo-santa Gereja Katolik Bulan Januari

Titus
Titus

Santo Titus

Titus the Apostle, Titus of Crete
  • Diterbitkan :
    24 Juli 2013
  • -
  • Diperbaharui :
    31 Mei 2014
  • -
  • Hits :
    6389



St.Titus adalah murid langsung dari St.Paulus Rasul. Nama Titus dan Timotius sering disebut-sebut dalam Surat-surat Rasul agung tersebut. Paulus menulis dua pucuk Surat kepada Timotius ( I dan II Timotius ) dan sepucuk surat gembala untuk Titus (Kitab Titus) dimana Paulus menyapa keduanya dengan sebutan : Anakku yang sah dalam Iman. (I Tim 1:2 ; Tit 1:4).

Titus adalah seorang bukan Yahudi yang percaya kepada Tuhan. Ia adalah seorang yang murah hati dan giat bekerja. Dengan penuh sukacita ia mewartakan Kabar Gembira bersama dengan Paulus dalam perjalanan kerasulan mereka. Oleh karena Titus seorang yang dapat dipercaya, Paulus tanpa ragu mengutusnya dalam banyak “misi” kepada komunitas-komunitas Kristiani. Titus membantu umat memperteguh iman mereka kepada Yesus. Ia juga mampu memulihkan perdamaian apabila terjadi perselisihan di antara jemaat Kristiani. Titus dianugerahi karunia istimewa sebagai pembawa damai. Paulus amat menghargai karunia yang dimiliki Titus ini dan mengenalinya sebagai karya Roh Kudus. Paulus akan mengirim Titus untuk mengatasi persoalan-persoalan yang timbul.

Ketika Titus ada di antara  suatu kelompok jemaat Kristiani, orang-orang yang bersalah akan menyesali perbuatan mereka. Mereka akan memohon pengampunan dan berusaha memperbaiki apa yang telah mereka lakukan. Ketika damai telah tercapai, Titus akan kembali serta melaporkan hasil baiknya kepada Paulus. Hal ini mendatangkan sukacita bagi Paulus dan jemaat Kristiani yang lain. St. Paulus mengangkat Titus sebagai Uskup di Pulau Kreta, di mana ia tinggal hingga akhir hayatnya.


Arti nama

Berasal dari bahasa Latin : titulus yang berarti  "Gelar Kehormatan"

Variasi Nama

Titos (Greek), Tiitus (Estonian), Tiitus (Finnish), Tito, Tiziano (Italian), Tytus (Polish), Tito (Portuguese), Tit (Russian), Tito (Spanish)

Titus

Santo Titus

Wartakan kisah ini!


Pilih Topik

Login

or