A Catholic Online Directory

Santo-santa Gereja Katolik Bulan Oktober

Siprianus
Siprianus

Santo Siprianus

Siprianus dari Afrika Utara
  • Diterbitkan :
    12 Agustus 2013
  • -
  • Diperbaharui :
    10 Oktober 2016
  • -
  • Hits :
    4180



Siprianus adalah seorang Uskup di Afrika Utara yang hidup pada abad kelima. Bersama uskup St.Felix dan lebih dari 4900 orang martir, mereka dianiaya oleh bangsa Vandal. Huneric, raja Vandal, membuang umat Kristiani ini ke padang gurun Libya agar mati kelaparan dan kehausan. Disana mereka juga  diperlakukan dengan begitu keji oleh bangsa Moor yang kafir.

Seorang uskup yang kudus bernama Victor berusaha menolong umat Kristiani yang malang ini. Sebelum di buang ke gurun, mereka dijebloskan ke dalam sebuah penjara dan dikurung tanpa udara maupun penerangan yang cukup. Uskup Victor menuliskan kisah keberanian dan penderitaan yang mereka alami. Beliau menceritakan bahwa ketika mereka diperintahkan untuk pergi ke tempat pembuangan di padang gurun Libya yang ganas, mereka keluar dari penjara dengan menyanyikan madah pujian.

Umat Kristiani lainnya mencucurkan arimata melihat kegagahan mereka. Bahkan para perempuan dan anak-anak ikut pergi bersama mereka ke pembuangan dan tewas di sana. 

St.Siprianus mempertaruhkan nyawanya sendiri demi memelihara sebanyak mungkin para tawanan. Ia menghabiskan segenap waktu dan kekuatannya, pula segala yang dimilikinya, demi menolong mereka. Akhirnya, ia sendiri ditangkap juga dan dibuang untuk mati kelaparan di padang gurun. Di sana ia wafat sebagai martir.


Arti nama

Siprianus : Orang Siprus / Berasal dari Siprus (Latin)

Variasi Nama

Cyprian (English),Cyprianus (Ancient Roman), Cibrán (Galician), Cipriano (Italian), Cipriano (Portuguese), Ciprian (Romanian), Cebrián, Cipriano (Spanish)

Siprianus

Santo Siprianus

Wartakan kisah ini!


Pilih Topik

Login

or