A Catholic Online Directory

Santo-santa Gereja Katolik Bulan Maret

Roderikus Saint roderick of cordoba by Bartolomé Esteban Murillo
Roderikus

Santo Roderikus

San Rodrigo, San Rodriguez
  • Diterbitkan :
    02 Desember 2020
  • -
  • Diperbaharui :
    26 Januari 2021
  • -
  • Hits :
    822



Santo Roderikus hidup di Spanyol pada abad kesembilan, masa dimana sebagian besar wilayah Spanyol berada dibawah penjajahan bangsa muslim Moor. Menurut tradisi, Roderikus adalah seorang imam di Kota Cabra. Ia memiliki dua saudara laki-laki. Yang satu adalah seorang Muslim dan yang satunya lagi tidak beragama.

Suatu ketika, kedua saudaranya berkelahi satu sama lain. Roderikus berusaha melerai perkelahian mereka, namun ia malah dipukuli hingga tak sadarkan diri. Salah seorang saudaranya masih belum puas dan ingin membalas dendam lebih lanjut. Ia melaporkan kepada pihak berwenang bahwa Roderikus telah masuk Islam.

Ketika Roderikus terbangun, ia ditanyai tentang hal itu. Imam ini membantah laporan tersebut dan menyatakan kesetiaannya sebagai seorang Katolik. Pihak berwenang menganggap bantahan ini sebagai kemurtadan dan Roderikus pun dipenjarakan. Beberapa bulan kemudian Roderikus dihukum mati bersama dengan Santo Salomon dari Córdoba dengan cara di penggal.


Arti nama

Roderick : Pemimpin Terkenal, Penguasa Terkenal, Perkasa dan Terkenal

Berasal dari kata Jermanik :  hrod (Terkenal) dan Ric (Penguasa / Perkasa)

Variasi Nama

Rodrigo (Italian),  Rodrigo, Rui, Ruy (Portuguese), Rurik (Russian), Rodrigo, Ruy (Spanish), Ruairi, Ruairidh, Ruaraidh, Ruaridh (Scottish), Rhydderch (Welsh), Hroderich (Ancient Germanic), Hrœrekr (Ancient Scandinavian), Roderic (Catalan), Rodrigue (French),  Rodrigo, Roi (Galician), Rory, Ruaidhrí, Ruarc, Ruaidrí, Ruairí (Irish), Roderick (English)

Bentuk Pendek : Rod, Roddy(English), Roddy(Scottish)

Bentuk Feminim : Rodina (Scottish)

Roderikus Saint roderick of cordoba by Bartolomé Esteban Murillo

Santo Roderikus

Wartakan kisah ini!


Pilih Topik

Login

or