A Catholic Online Directory

Santo-santa Gereja Katolik Bulan Juli

Manés de Guzmán
Manés de Guzmán

Beato Manés de Guzmán

Saudara Santo Dominikus de Guzman, Dominican Perdana
  • Diterbitkan :
    30 Juli 2017
  • -
  • Diperbaharui :
    30 Juli 2017
  • -
  • Hits :
    2387



Beato Manés de Guzmán berasal dari keluarga bangsawan Spanyol yang saleh. Ia adalah  putra Don Felix de Guzman dan Beata Juana dari Aza. Adiknya adalah Santo Dominikus de Guzmán, pendiri Ordo Praedicatorum (Ordo para pengkotbah atau Ordo Dominikan) yang terkenal itu. Lahir di Calaruega Castille (sekarang Burgos Spanyol), Manés de Guzmán dididik oleh seorang pamannya bernama Gonzalo de Aza yang tinggal di Gumiel de Izan. Pada tahun 1183 Manés masuk biara Cistercians San Pedro (Santo Petrus) di Gumiel de Izan dan menjadi seorang imam.

Saat Ordo Praedicatorum memperoleh pengesahan dari Paus Honorius III melalui Bulla Kepausan Religiosam Vitam pada 22 Desember 1216, Manés de Guzmán menjadi salah satu dari 15 Dominikan perdana yang ditahbiskan tanggal 15 Agustus 1217. Ia lalu ditugaskan memimpin biara Dominikan Saint-Jacques di Paris, Perancis.  Disini ia juga mendirikan sebuah biara susteran Dominikan di Paris.

Manés de Guzmán, OP dikenal sebagai seorang yang tenang dan kontemplatif, serta seorang pengkhotbah yang berapi-api. Kepribadiannya sangat membantu awal penyebaran Ordo Dominikan. Pada tahun 1219, ia ditugaskan ke Madrid, Spanyol untuk mendirikan biara Susteran Dominikan di kota itu.

Pada tanggal 6 Agustus 1221, Santo Dominikus tutup usia di kota Bologna, Italia dan Beato Yordanus Saxony dipilih menjadi pemimpin umum Ordo Dominikan yang baru. Manés tetap tinggal di Spanyol dan membimbing perkembangan Ordo tersebut di semenanjung Iberia.

Dia menghadiri upacara Kanonisasi Santo Dominikus pada tanggal 13 Juli 1234 di Roma, Italia, dan kembali ke Spanyol dengan rencana besar untuk mendirikan sebuah Basilika yang didedikasikan untuk Santo Dominikus. Namun ia tutup usia sebelum merealisasikan rencananya.

Manés de Guzmán, OP di beatifikasi pada 2 Juni 1834 oleh Paus Gregorius XVI.


Wartakan kisah ini!


Pilih Topik

Login

or