A Catholic Online Directory

Santo-santa Gereja Katolik Bulan Februari

Fransiskus Kichi ( Ilustrasi : The 26 Nagasaki Martyrs - Cuzco School, 18 or 19th century )
Fransiskus Kichi

Santo Fransiskus Kichi

Caius Francis, Gaius Francis, Caius Fransiskus, Gayus Fransiskus, Martir of Japan, Martir of Nagasaki
  • Diterbitkan :
    02 Februari 2019
  • -
  • Diperbaharui :
    28 Januari 2020
  • -
  • Hits :
    1279



Santo Fransiskus Kichi adalah seorang Tentara Jepang yang dibabtis oleh para Misionaris Fransiskan. Fransiskus kemudian menjadi anggota Ordo Ketiga Fransiskan yang penuh Devosi.

Pada tahun 1597, seorang penguasa Jepang yang amat berpengaruh, Hideyoshi, mendengar hasutan seorang pedagang Spanyol. Pedagang itu membisikkan bahwa para misionaris adalah pengkhianat bangsa Jepang. Ia menambahkan bahwa para pengkhianat itu akan mengakibatkan Jepang dikuasai oleh Spanyol dan Portugis. Hasutan itu tidak benar dan tidak masuk akal. Tetapi, Hideyoshi menanggapinya dengan berlebihan, sehingga ia menangkap Fransiskus Kichi dan dua puluh lima orang yang dianggapnya  sebagai para pengkhianat.

Ketika para tentara datang untuk menangkap para Misionaris, Fransiskus Kichi bersikeras bahwa dia juga seorang Kristen karena itu ia juga ditangkap dan dipenjarakan. Sumber : Katakombe.Org

Pada tanggal 5 Februari 1597 Fransiskus Kichi bersama dua puluh lima orang martir dibawa ke tempat pelaksanaan hukuman mati di luar kota Nagasaki. Dengan diikat, mereka disuruh berjalan dengan berbaris sehingga mereka menjadi tontonan dan menjadi pelajaran bagi masyarakat yang menyaksikannya. Sepanjang perjalanan, saksi-saksi Kristus ini terus melagukan Te Deum. 

Mereka diikat pada salib masing-masing dengan rantai dan tali, lalu belenggu besi dipasang disekeliling leher mereka. Masing-masing salib kemudian dikerek dan kaki salib ditancapkan ke sebuah lubang yang telah digali. Tombak lalu ditikamkan pada masing-masing orang dan  para saksi Kristus ini tewas disaat yang hampir bersamaan.

 Sumber : Katakombe.Org


Arti nama

Fransiskus berasal dari nama Latin Franciscus yang berarti "Orang Perancis".

Nama ini diturunkan dari kata  "Francus"  (yang berarti : "Seorang Franc", atau "Seorang bebas"). Akar kata ini berasal dari kata Perancis kuno "Franc" yang berarti "Bebas".

Variasi Nama

Francis, Frances (English), François, Francisque (French), Frantziska, Frantzisko, Patxi (Basque), Franseza (Breton), Francesc, Francesca (Catalan), Frane, Franjo, Franka, Franko, Frano, Fran (Croatian), František, Františka (Czech), Frans (Danish), Franciscus, Frans (Dutch), Frans, Ransu (Finnish), Franz, Franziska, Fränze, Franzi, Ziska (German), Ferenc, Franciska, Fanni, Feri, Ferkó, Franci (Hungarian), Proinsias (Irish), Franca, Francesca, Francesco, Franco (Italian), Francisca, Franciscus (Late Roman), Frens, Frenske (Limburgish), Pranciškus (Lithuanian), Frans (Norwegian), Franciszek, Franciszka (Polish), Francisca, Francisco, Chica, Chico (Portuguese), Frang, Frangag (Scottish), Franjo (Serbian), Franc, Frančišek, Frančiška, Fran, Francka (Slovene), Francisca, Francisco, Curro, Fran, Paca, Paco, Pancho, Paquita, Paquito (Spanish), Frans (Swedish), Ffransis (Welsh)

Bentuk Pendek : Frank, Cissy, Fannie, Fanny, Fran, Frankie, Frannie, Franny, Sissie, Sissy (English)

Bentuk Feminim : Frances (English), Françoise (French) Sumber : Katakombe.Org

Fransiskus Kichi The Three Jesuit Martyrs of Nagasaki

Santo Fransiskus Kichi

Wartakan kisah ini!


Pilih Topik

Login

or