Indonesian Indonesian
Fransiskus Jaccard

Santo Fransiskus Jaccard

Salah seorang dari Para Martir Vietnam François Jaccard,MEP

Fransiskus Jaccard

Santo Fransiskus Jaccard

Salah seorang dari Para Martir Vietnam François Jaccard,MEP




Santo Fransiskus Jaccard, MEP lahir di Onnion, Perancis pada tahun 1799. Pendidikan imamatnya dimulai di Seminari Menengah di Melan, lalu dilanjutkan di Seminari Tinggi di Chambery pada 1819. Setelah ditahbiskan menjadi imam, ia bergabung dengan Société des Missions étrangères de Paris atau Society of Foreign Missions of Paris, sebuah Lembaga Missionaris yang berpusat di Paris Perancis.

Pada tahun 1824 Fransiskus Jaccard ditugaskan menjadi missionaris di Cochin-China. Ia berangkat pada awal tahun dan tiba di Makao ditahun berikutnya. Dari Makao ia berangkat ke Tonkin Vietnam dan berkarya membawa banyak warga pribumi ke dalam iman Kristiani.

Setelah beberapa tahun berkarya di Vietnam, Fransiskus Jaccard dipanggil ke istana raja di Min-Menh untuk menerjemahkan manuskrip karya seorang filsuf Perancis. Kemahiran Fransiskus Jaccard berbahasa Vietnam membuat raja memerintahkannya untuk tinggal di lingkungan istana dan membantu menterjemahkan buku-buku berbahasa Perancis ke dalam bahasa Vietnam. Ia tinggal beberapa waktu di lingkungan istana, bekerja pada kerajaan sambil berkarya menyebarkan iman kristiani dalam lingkungan istana.

Ketika ia sukses membabtis beberapa orang pejabat kerajaan, Fransiskus ditangkap dan dibawa ke pengadilan dengan tuduhan memproklamirkan agama Kristen dan memimpin sekelompok orang Kristen pribumi Vietnam untuk merebut hak milik saudara-saudara mereka. Pengadilan menjatuhkan hukuman mati kepadanya namun ia diampuni karena Kerajaan  membutuhkan keahliannya sebagai penerjemah. Ia lalu dilepaskan dengan peringatan keras untuk tidak lagi berkarya menyebarkan agama Kristen.

Pada tahun 1838 pater Fransiskus Jaccard kembali ditangkap saat hendak membabtis seorang katekumen. Ia disiksa dan dicekik sampai mati pada tanggal 21 September 1838.  


  • Hits
    2503
  • Diterbitkan
    21 September 2017
  • Diperbaharui
    17 November 2019
  • Referensi
  • Tags
    China - Martir - MEP - Perancis - Vietnam

  • Arti nama

    Fransiskus berasal dari nama Latin Franciscus yang berarti "Orang Perancis".

    Nama ini diturunkan dari kata  "Francus"  (yang berarti : "Seorang Franc", atau "Seorang bebas"). Akar kata ini berasal dari kata Perancis kuno "Franc" yang berarti "Bebas".

    Variasi Nama

    Francis, Frances (English), François, Francisque (French), Frantziska, Frantzisko, Patxi (Basque), Franseza (Breton), Francesc, Francesca (Catalan), Frane, Franjo, Franka, Franko, Frano, Fran (Croatian), František, Františka (Czech), Frans (Danish), Franciscus, Frans (Dutch), Frans, Ransu (Finnish), Franz, Franziska, Fränze, Franzi, Ziska (German), Ferenc, Franciska, Fanni, Feri, Ferkó, Franci (Hungarian), Proinsias (Irish), Franca, Francesca, Francesco, Franco (Italian), Francisca, Franciscus (Late Roman), Frens, Frenske (Limburgish), Pranciškus (Lithuanian), Frans (Norwegian), Franciszek, Franciszka (Polish), Francisca, Francisco, Chica, Chico (Portuguese), Frang, Frangag (Scottish), Franjo (Serbian), Franc, Frančišek, Frančiška, Fran, Francka (Slovene), Francisca, Francisco, Curro, Fran, Paca, Paco, Pancho, Paquita, Paquito (Spanish), Frans (Swedish), Ffransis (Welsh)

    Bentuk Pendek : Frank, Cissy, Fannie, Fanny, Fran, Frankie, Frannie, Franny, Sissie, Sissy (English)

    Bentuk Feminim : Frances (English), Françoise (French)


    Pilih Topik