Indonesian Indonesian
Yosef Chang Song-jip

Santo Yosef Chang Song-jip

Iosephus Chang Song-Jib, Joseph Chang Song-jib, Giuseppe Chang Song-jib, Yosep Jang Seong-jib Salah seorang dari para martir Korea

Yosef Chang Song-jip

Santo Yosef Chang Song-jip

Iosephus Chang Song-Jib, Joseph Chang Song-jib, Giuseppe Chang Song-jib, Yosep Jang Seong-jib Salah seorang dari para martir Korea




Chang Song-jip lahir pada tahun 1786 dalam sebuah keluarga pagan di Seoul Korea. Dia adalah seorang apoteker dan bekerja di toko obat herbal. Dia pernah menikah dua kali, namun dua kali pula ia kehilangan isteri dan menduda.

Chang Song-jip mulai belajar katekese pada usia 30 tahun. Namun pada mulanya ia tidak dapat mempercayai ajaran tentang inkarnasi dan kelahiran dari perawan. Ia menolak untuk percaya bahwa Allah dapat merendahkan diri-NYA menjadi manusia demi cinta kepada umat manusia. Tidak percaya dan ragu-ragu, Chang Song-jip lalu meninggalkan kelas katekese dan menyibukkan dirinya dalam berbisnis.

Namun beberapa waktu kemudian seorang teman katolik datang dan membujuknya agar kembali ke jalan Allah. Kata-kata temannya ini membuat Chang Song-jip menyesali semua keragu-raguannya di masa lalu. Ia bertobat dan berkaul untuk menyerahkan seluruh sisa hidupnya pada Tuhan. Setiap hari ia akan tenggelam dalam doa serta selalu membaca dan merenungkan Kitab Suci. Dia berupaya menghindari teman-teman pagan di masa lalu dan hidup menyendiri seperti seorang pertapa. Ketika rekan-rekan bisnisnya bertanya mengapa dia lagi berbisnis, Chang Song-jip menjawab bahwa ia lebih memilih menderita kelaparan dan kedinginan demi Tuhan dan kebahagiaan abadi daripada memiliki kekayaan duniawi.

Pada bulan April 1838 Chang Song-jip dibabtis menjadi anggota Gereja Kristus dengan nama Yosef Chang Song-jip. Ia juga diperkenankan menerima Sakramen Krisma pada hari yang sama.

Pada awal tahun 1839, penganiayaan atas umat Katolik di Korea dimulai. Yosef Chang Song-jip sangat tergugah mendengar kisah keberanian para martir dalam menghadapi maut demi Yesus Kristus. Seketika ia ingin menyerahkan dirinya ke Polisi Kerajaan agar dapat ikut menderita bersama Kristus, namun wali baptisnya menghentikan upayanya.

Yosef akhirnya tertangkap juga pada tanggal 18 Mei 1839 dan ditahan dipenjara. Para tetangga dan teman-temannya datang menjenguk dan memintanya untuk menyangkal agama barunya. Namun iman Yosef tidak tergoyahkan. Ia malah mengajak mereka untuk meninggalkan kepercayaan pagan yang sia-sia dan mengajar mereka tentang iman Katholik. Yosef mengatakan kepada mereka bahwa manusia harus mencintai Allah, Yang telah menciptakan segala sesuatu di bumi.

Beberapa hari kemudian kepala Polisi mengirimkan Yosef ke pengadilan yang lebih tinggi. Namun karena dikira sakit jiwa, Yosef tidak segera diinterogasi dan dikurung sendirian dalam penjara. Dalam interogasi, Yosef ditawari kebebasan dengan syarat harus menyangkal Allah dan meninggalkan agama Katolik. Ia menolak. Karena itu ia dipukuli dengan gada sebanyak lebih dari dua puluh kali, lalu dikirim kembali ke penjara.

Beberapa hari kemudian (26 Mei 1839), Yosef Chang Song-jip ditemukan tewas di dalam penjara. Martir Kristus berusia 54 tahun ini tewas akibat kelaparan dan pendarahan otak setelah kepalanya dipukuli berkali-kali dengan gada saat menjalani diinterogasi.


  • Hits
    457
  • Diterbitkan
    28 January 2019
  • Diperbaharui
    02 February 2019
  • Referensi
  • Tags
    Apoteker - Korea - Martir

  • Arti nama

    Berasal dari bahasa Latin : Ioseph, yang diambill dari bahasa Yunani :  Ιωσηφ (Ioseph) , yang aslinya berasal dari bahasa Ibrani :  יוֹסֵף   (Yosef) yang berarti :  "Yang ditambahkan Tuhan"

    Variasi Nama

    Yousef, Youssef, Yusef, Yusuf (Arabic), Hovsep (Armenian), Joseba, Josepe (Basque), Ioseph, Ioses (Biblical Greek), Yosef (Biblical Hebrew), Ioseph (Biblical Latin), Yosif (Bulgarian), Josep (Catalan), Josip, Joško, Joso, Jozo (Croatian), Josef (Czech), Josef (Danish), Josephus, Jozef, Jef, Joep, Joop, Joos, Joost, Jos, Sjef, Zef (Dutch), Jozefo, Joĉjo (Esperanto), Joosep (Estonian), Jooseppi, Juuso (Finnish), Xosé (Galician), Iosif (Greek), Yosef (Hebrew), Josephus (History), József, Jóska, Józsi (Hungarian), Seosamh (Irish), Giuseppe, Beppe, Peppe, Peppi, Peppino, Pino (Italian), Iosephus (Late Roman), Jāzeps (Latvian), Juozapas, Juozas (Lithuanian), Josif (Macedonian), Hohepa (Maori), Josef (Norwegian), Josèp (Occitan), Józef (Polish), José, Zé, Zezé (Portuguese), Iosif (Romanian), Iosif, Osip (Russian), Seòsaidh (Scottish), Josif (Serbian), Jozef (Slovak), Josip, Jožef, Jože (Slovene), José, Pepe, Pepito (Spanish), Josef (Swedish), Yusuf (Turkish), Yosyp (Ukrainian), Yussel (Yiddish)

    Bentuk Pendek : Jo, Joe, Joey, Jojo (English), Jo, Sepp, Seppel (German)

    Bentuk Feminim : Jody, Jodi, Jodie, Josepha (English), Josée, Josèphe (French), Josepha (German)


    Pilih Topik