Indonesian Indonesian
Michael Garicoïts

Santo Michael Garicoïts

Santo Michel Garicoïts Pendiri Kongregasi Hati Kudus Yesus Betharram

Michael Garicoïts

Santo Michael Garicoïts

Santo Michel Garicoïts Pendiri Kongregasi Hati Kudus Yesus Betharram




Michael Garicoïts lahir pada tanggal 15 April 1797 di Saint-Just-Ibarre sebuah desa kecil di prefektur Bordeaux, di dekat perbatasan Perancis - Spanyol.  Ia adalah anak sulung dari enam buah hati pasangan Arnaud Garicoïts dan Gratianne Etchéverry. Ayahnya adalah seorang katolik yang saleh dari Catalonia Spanyol; yang tetap setia kepada imannya saat mengalami penganiayaan selama Revolusi Perancis.

Di masa kecilnya, Michael terkenal sebagai seorang anak pendiam yang sering menyanyikan Mazmur sambil menggembalakan ternak. Ia pernah bersekolah di sekolah desa namun berhenti karena harus bekerja membantu kedua orangtuanya. Pada tahun 1810 Michel bekerja di sebuah pertanian di Oneix, dimana ia terpesona menyaksikan para imam memberikan Komuni Pertama pada tanggal 9 Juni 1811. Kejadian ini menjadi pemicu panggilan religiusnya. Michael kembali ke kampung halamannya dan berkata kepada ayahnya : "Saya ingin menjadi imam". Ayahnya menjawab bahwa itu tidak mungkin karena mereka terlalu miskin. Walau demikian, neneknya yang bernama Catherine Etchéverry berhasil menyakinkan pastor parokinya untuk mendaftarkan Michael ke Seminari. 

Michel lalu bersekolah di Saint-Palais di mana ia belajar bahasa Latin dan Perancis di bawah cahaya lilin sampai larut malam. Ia membayar biaya pendidikannya dengan bekerja membantu juru masak di dapur biara dan di keuskupan. Ia juga mendapat pelajaran privat dari pastor paroki Jean Baptiste Borda yang mengagumi kecerdasannya. Michael kemudian belajar filsafat di seminari Aire-sur-Adour dan theologi di seminari Dax. Ia menamatkan studinya dengan nilai yang sangat memuaskan dan ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 20 Desember 1823 oleh Uskup Agung Paul-Thérèse-David d'Astros di Katedral Bayonne.

Pater Michael Garicoïts kemudian berkarya sebagai pastor Paroki di kota Combo selama tahun 1823 – 1825, lalu ditugaskan ke Seminari Bétharram untuk mengajar Filsafat. Di seminari ini ia mendapat gelar professor Filsafat dan Teologi serta diangkat menjadi Rektor umum. Pater Michele Garicoïts menjadi pembimbing spiritual bagi Santa Elisabeth Bichier dan membantunya mengembangkan Konggregasi suster Puteri-puteri Salib yang didirikan bersama Santo Andreas Fournet.

Pada tahun 1838, pater Michael mendirikan sebuah konggregasi religius yang diberi nama Konggregasi Hati Kudus Yesus Betharram (Congregation of the Sacred Heart of Jesus of Betharram). Para imam konggregasi ini mendedikasikan hidupnya kepada Hati Kudus Yesus dan berkarya dalam misi penginjilan dan pendidikan bagi kaum muda. Kongregasi Betharram mendapat persetujuan dari Paus Leo XIII pada tahun 1877 dan saat ini telah berkarya di berbagai negara antara lain : Argentina, Brazil, Republik Afrika Tengah, Perancis, Inggris, India, Israel, Italia, Pantai Gading, Yordania, Palestina, Paraguay, Spanyol, Thailand dan Uruguay.

Michael Garicoïts tutup usia pada pagi hari tanggal 14 Mei 1863 di Bétharram Perancis. Kata-kata terakhirnya adalah : "dalam kasih-Mu ya Tuhan, kasihanilah aku". Ia di beatifikasi oleh Paus Pius XI pada tanggal 10 Mei 1923 dan di kanonisasi pada tanggal 6 Juli 1947 oleh Paus Pius XII.


  • Hits
    2145
  • Diterbitkan
    21 May 2017
  • Diperbaharui
    01 June 2017
  • Referensi
  • Tags
    Perancis - Revolusi Perancis

  • Arti nama

    Berasal dari nama Ibrani מִיכָאֵל (Mikha'el) yang berarti "Siapakah yang seperti Allah?"

    Variasi Nama

    Micheal (English), Mikael (Swedish), Mikael, Mikkel (Norwegian), Mikael, Mikkel (Danish), Maikel, Michaël, Michiel (Dutch), Michal (Czech), Mikhael (Biblical Greek), Mikha'il (Arabic), Mikel, Mitxel (Basque), Mikha'el (Biblical Hebrew), Mihail, Mikhail (Bulgarian), Miquel (Catalan), Myghal (Cornish), Mihael, Mihajlo, Mihovil, Miho, Mijo (Croatian), Miĥaelo, Mikelo, Miĉjo (Esperanto), Mihkel (Estonian), Mikael, Mika, Mikko, Miska (Finnish), Michel, Michaël, Mickaël (French), Mikheil, Misho (Georgian), Michail, Michalis, Mihail, Mihalis (Greek), Mikala (Hawaiian), Mikha'el (Hebrew), Mihály, Miksa, Misi, Miska (Hungarian), Mícheál (Irish), Michele (Italian), Mihails, Miķelis (Latvian), Mykolas (Lithuanian), Mihail (Macedonian), Mikaere (Maori), Michel (Medieval French), Michał (Polish), Miguel, Miguelito (Portuguese), Mihai, Mihail, Mihăiță (Romanian), Michail, Mikhail, Misha (Russian), Mihkkal (Sami), Mìcheal, Micheil (Scottish), Mihailo, Mihajlo, Mijo (Serbian), Michal (Slovak), Mihael, Miha (Slovene), Miguel, Miguelito (Spanish), Mikhailo, Mykhailo, Mykhaylo, Mykhail (Ukrainian), Meical (Welsh)

    Bentuk Pendek :

    Mick, Mickey, Micky, Mike, Mikey (English), Michel, Michi (German), Mick (Dutch),

    Bentuk Feminim :

    Michaela, Mikki, Makayla, Mckayla, Michayla, Mikayla, Mikhaila (English), Michaela, Michi (German), Michaela, Mikaela (Swedish), Mikaela (Norwegian), Mikaela, Mikkeline (Danish), Michaela, Michala (Czech)


    Pilih Topik