Indonesian Indonesian
Adrianus III

Santo Paus Adrianus III

Paus ke-109

Adrianus III

Santo Paus Adrianus III

Paus ke-109




Santo Paus Adrianus III adalah Paus kita yang ke-109. Kisah hidupnya sebelum terpilih menjadi Paus tidak banyak diketahui. Sedikit catatan menyatakan bahwa ia adalah seorang warga negara Romawi yang lahir di Kota Roma. Ia menjadi paus pada tanggal 17 Mei 884 dan memimpin Gereja hanya selama satu tahun karena tutup usia pada tanggal 8 juli 885.

Masa kepausannya yang singkat diliputi berbagai kesulitan karena terjadinya bencana kelaparan di kota Roma. Selain harus berupaya membantu umat yang menderita kelaparan, Paus juga harus berusaha keras menindas aksi-aksi kejahatan seperti perampokan dan pembunuhan yang timbul akibat bencana tersebut.

Pada tahun 885, Paus diundang oleh Kaisar Charles III (881-887) untuk menghadiri perjamuan bersama di Worms, Jerman. Tujuan dari perjamuan itu adalah untuk membicarakan tentang pergantian tahkta kekaisaran dan serta meningkatkan bahaya serangan bangsa Saracen dari Timur. Dalam perjalanan ke Worms, Paus jatuh sakit dan tutup usia pada tanggal 8 juli 885 di kota Modena, Italia Utara.


  • Hits
    2697
  • Diterbitkan
    16 March 2016
  • Diperbaharui
    16 March 2016
  • Referensi
  • Tags
    Italia - Paus

  • Arti nama

    Berasal dari nama Romawi : Hadrianus yang berarti : "Berasal dari Hadria" atau “Orang Hadria” .

    Hadria adalah sebuah kota di Italia utara pada jaman Romawi kuno (kota ini juga memberi nama bagi Laut Adriatik).

    Variasi Nama

    Hadrianus (Ancient Roman), Adrià (Catalan), Adrijan, Jadran, Jadranko (Croatian), Adriaan, Arjan, Ad, Adrianus, Arie (Dutch), Adrien (French), Hadrian (History), Adorján (Hungarian), Adriano (Italian), Ad (Limburgish), Adrijan (Macedonian), Adriano (Portuguese), Jadran, Jadranko (Serbian), Jadran, Jadranko (Slovene), Adrián (Spanish)

    Bentuk Feminim :
    Adriana, Adrianna, Adrianne (English), Adriana (Romanian), Adriana, Adrianna (Polish)

    Pilih Topik