Beato Sebastianus Valfrè

Sebastian Valfrè, Apostle of Turin

Sebastianus Valfrè
  • Perayaan
    30 Januari
  • Lahir
    9 Maret 1629
  • Kota asal
    Verduno Piedmont Italia
  • Wafat
    30 Januari 1711 di Turin Italia dalam usia 80 tahun.
    Sebab alamiah
  • Beatifikasi
    31 Agustus 1834 oleh Paus Gregorius XVI
  • Kanonisasi
    -


Beato Sebastianus Valfrè

Sebastianus Valfrè lahir di Verduno Piedmont di Italia pada tanggal 9 Maret 1629. Ia berasal dari keluarga miskin yang serba kekurangan, tapi melalui perjuangan yang gigih ia berhasil melanjutkan pendidikannya sampai lulus dari Universitas Turin. Keluarganya mengharapkan agar ia memperoleh pekerjaan yang lebih baik agar dapat menghidupi keluarganya yang serba kekurangan. Namun Sebastianus lebih memilih untuk menjadi seorang imam.

Sebastianus lalu masuk Konggregasi Oratorian Santo Filipus Neri di Turin pada tanggal 26 Mei 1651, dan mengikuti pendidikan calon imam. Ia ditahbiskan setahun kemudian pada tanggal 24 Februari 1652. Setelah menjadi imam, ia melanjutkan pendidikannya dan meraih gelar Doktor Teologi di tahun 1656.

Dalam pelayanannya kepada masyarakat Turin, Sebastianus segera mendapat reputasi sebagai seorang imam yang rajin, sabar, bijaksana dan penuh cinta kasih kepada umatnya. Pater Valfrè adalah seorang bapa pengakuan dengan wawasan yang mendalam. Hal ini membuat banyak kaum terpelajar datang memohon sakramen tobat darinya. Ia juga menjadi bapa pengakuan bagi untuk Duke Victor Amadeus II dari Savoy dan anggota keluarga kerajaan lainnya.

Karena berasal dari keluarga miskin, Pater Sebastianus Valfrè sangat memperhatikan kaum miskin papa dan mereka yang terbuang dalam masyarakat. Ia mengupayakan bantuan bagi para janda, anak-anak yatim, para gelandangan dan anak-anak terlantar, serta mengorganisir pelayanan bagi para tahanan di penjara. 

Pernah ia ditawari jabatan sebagai Uskup Agung Turin, namun ditolaknya karena lebih suka menjadi seorang imam biasa agar senantiasa berada diantara umatnya. Semangat juangnya yang pantang menyerah dan imannya yang kokoh kepada Allah, membuat dirinya menjadi terang bagi sesama manusia. Imam yang kudus ini tutup usia dengan tenang di Turin pada tanggal 30 Januari 1710.

Pater Sebastian Valfrè dibeatifikasi oleh paus Gregorius XVI pada tanggal 15 Juli 1834.(qq)



Arti nama

Sebastian berasal dari kata Yunani σεβαστος (sebastos) yang berarti : "yang dimuliakan", "Yang dihormati"

Variasi Nama

Sebastijan (Croatian), Sebastian (Danish), Sebastiaan, Bas, Bastiaan (Dutch), Sebastian (English), Sebastian, Sepi, Seppo (Finnish), Sébastien, Bastien (French), Sebastian, Bastian (German), Sebestyén (Hungarian), Sebastiano (Italian), Sebastian (Norwegian), Sebastian (Polish), Sebastião (Portuguese), Sebastian (Romanian), Sevastian, Sevastyan (Russian), Sebastijan, Sebastjan, Boštjan (Slovene), Sebastián (Spanish), Sebastian (Swedish)
 
Bentuk Pendek : Bastian (German), Sepi, Seppo (Finnish)



Galeri Foto




Kesaksian (0)

Beri Komentar

COMMENT_DISCLAIMER_II


Anda memiliki Pengalaman Rohani bersama ORANG KUDUS ini?
Sharing is Caring. Mari Berbagi...!


Para Kudus Menurut Abjad & Bulan

a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z

Para Kudus Menurut Topik