Indonesian Indonesian
Gorgonia

Santa Gorgonia

Gorgonia

Santa Gorgonia




Santa Gorgonia adalah saudari dari dua santo pada abad ke-4 di Asia Kecil yaitu Santo Gregorius dari Nazianz Muda, dan Santo Caesarius dari Nazianz. Mereka bertiga adalah putera-puteri dari pasangan suami isteri kudusSanto Gregorius dari Nazianz Tua dan Santa Nonna.

Ia menikah dengan seorang pria yang berpengaruh di Pisidia, yang namanya kadang-kadang disebut Vitolian, kadang Meletius (sumber bervariasi). Santa Gorgonia dikatakan memiliki beberapa putra dan tiga putri. Dua kali dalam hidupnya Gorgonia secara ajaib sembuh dari sakit parah dengan hanya mengandalkan iman dan kekuatan doa.

Yang pertama adalah ketika ia terinjak-injak segerombolan bagal (hewan persilangan antara kuda dan Keledai) dan membuat tulang-tulangnya patah dan organ tubuhnya hancur. Santa Gorgonia menolak untuk memanggil dokter, karena saat itu tidak ada dokter wanita dan ia merasa tidak sopan bila diperiksa oleh dokter laki-laki. Menurut legenda, kesopanan-nya serta doa-doa yang ia daraskan setiap malam akhirnya membuat Gorgonia pulih kembali. Dilain kesempatan, Santa Gorgonia sembuh secara ajaib dari sakit kepala, demam, dan kelumpuhan melalui kekuatan doanya.

Santa Gorgonia tutup usia mendahului kedua orang tua dan saudara-saudaranya pada sekitar tahun 375. Misa pemakamannya dipimpin oleh Uskup Nazianz, kakaknya Santo Gregorius dari Nazianz Muda.

 


  • Hits
    3168
  • Diterbitkan
    21 March 2016
  • Diperbaharui
    21 March 2016
  • Referensi
  • Tags
    Orang kudus gereja perdana - Suami-istri Kudus - Turki

  • Arti nama

    Gorgonia berasal dari kata Yunani kuno gorgós yang berarti : "Menakutkan"

    Awalnya adalah nama sebuah figur dalam mitologi Yunani : Gorgon


    Pilih Topik