a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z #

Para Kudus yang namanya diawali huruf "S"

Sabas

Santo Sabas

Perayaan 05 Desember

Sabas, yang dilahirkan pada tahun 439, adalah salah seorang dari rahib Palestina yang termasyhur. Ayahnya seorang pejabat dalam dinas militer. Ketika ayahnya harus pergi ke Alexandria, Mesir, ia menitipkan puteranya yang masih kecil kepada saudara iparnya. Namun karena bibinya memperlakukannya dengan buruk, Sabas kecil melarikan diri ke rumah pamannya yang lain. 

Sabas Ji Hwang

Beato Sabas Ji Hwang

Perayaan 28 Juni | 20 September (Pesta Para Martir Korea)

Sabas Ji-Hwang adalah salah seorang dari para martir Korea. Ia adalah seorang yang jujur dan rajin, yang mengabdikan hidupnya untuk melayani Tuhan dan Gereja-NYA. Ia bahkan bertekad untuk mempersembahkan hidupnya bagi Tuhan. Demi imannya akan Yesus Kristus, Sabas tidak pernah merasa takut menghadapi ancaman kemiskinan atau penderitaan.

 

Sabina

Santa Sabina

Perayaan 29 Agustus

Santa Sabina adalah seorang martir dari kota Roma diawal abad kedua. Ia adalah putri dari Herodes Metallarius, seorang bangsawan Romawi yang kaya raya; dan Istri dari seorang Senator kota Roma bernama Valentinus.

Sabinus

Santo Sabinus

Perayaan 7 Desember | 7 Juli (Ivrea, Italy) | 30 Desember (di beberapa Kalender)

Menurut tradisi, Santo Sabinus adalah uskup kota Spoleto dan Asisi di awal abad ke-4. Pada saat kaisar Diokletianus mulai menganiaya para pengikut Kristus, Sabinus tertangkap bersama para imam dan para diakonnya.

Salvador

Santo Salvador

Perayaan 18 Maret
17 April (Fransiskan)

Salvador Pladevall I Bien  Lahir pada bulan Desember 1520 di Rumah Sakit Santa Coloma de Ferners, Girona, Catalonia Spanyol, dimana kedua orangtuanya bekerja sebagai pelayan. Pada usia 14 tahun Salvador telah menjadi yatim-piatu. Ia pindah ke Barcelona untuk tinggal bersama seorang saudarinya bernama Blasa. Disini ia harus bekerja sebagai seorang pembuat sepatu untuk membantu penghidupan mereka berdua.

Satyrus

Santo Satyrus

Perayaan 17 September

Santo Satyrus dari Milan (Italia: San Satiro di Milano) adalah saudara dari Santo Ambrosius dan Santa Marcellina. Ia lahir di Trier Jerman lalu hijrah bersama seluruh keluarganya ke ibukota kerajaan; Roma dimana ia kemudian dididik untuk menjadi seorang pengacara.

Sava

Santo Sava

Perayaan 14 Januari

Pangeran Rastko Nemanjić adalah putera bungsu Raja Stefan I, pendiri dinasti Nemanjić dan peletak dasar negara Serbia. Ia lahir sekitar tahun 1169 atau tahun 1174, di Deževa (sekarang Novi Pazar, Raška District, Serbia). Ketika berusia 17 tahun, pangeran Rastko meninggalkan istana...

Sebastianus

Santo Sebastianus

Perayaan 20 Januari

Nama Santo Sebastianus telah dikenal luas sejak masa Gereja Perdana. Ia adalah seorang perwira tentara Romawi yang terkenal karena kegagahan dan kebaikan hatinya. Pada masa penganiayaan Kaisar Diokletianus, perwira Sebastianus tidak mau mengingkari iman Kristianinya. Karena itu ia ikut  ditangkap dan dianiaya dengan sangat mengerikan.

Sebastianus Valfrè

Beato Sebastianus Valfrè

Perayaan 30 Januari

Sebastianus Valfrè lahir di Verduno Piedmont di Italia pada tanggal 9 Maret 1629. Ia berasal dari keluarga miskin yang serba kekurangan, tapi melalui perjuangan yang gigih ia berhasil melanjutkan pendidikannya sampai lulus dari Universitas Turin.

Selestinus I

Santo Paus Selestinus I

Perayaan 27 Juli (Gereja Latin) | 8 April (Gereja Yunani)

Santo Paus Selestinus I adalah paus kita yang ke-43. Ia memimpin Gereja sejak 10 September 422 sampai hari kematiannya pada 26 Juli 432 M.

Selestinus V

Santo Paus Selestinus V

Perayaan 19 Mei

Paus Selestinus V adalah Paus kita yang ke-192.  Ia dilahirkan sekitar tahun 1210 di Isernia Abruzzi  Italia dan dibabtis dengan nama  Pietro da Morrone.  Ia adalah anak kesebelas dari duabelas orang bersaudara. Keluarganya miskin. Pada waktu ia masih kecil ayahnya meninggal dunia dan ibunya dengan penuh perjuangan berusaha membesarkan anak-anak yang dilahirkannya. 

Senen

Santo Senen

Perayaan 30 Juli

Santo Senen bersama Santo Abdon adalah bekas tawanan perang dan budak belian dari Persia (Sekarang Iran) yang sudah dibabtis menjadi Kristen.

Serafim Koda

Beato Serafim Koda

Perayaan 11 Maret | 5 November (Pesta bersama para Martir Albania)

Beato Gjon Koda lahir pada tanggal 25 April 1893 di Janjevë, Lypjan, Serbia. Ia masuk biara Fransiskan dan semenjak itu ia menggunakan nama biara : Serafim.  Setelah menamatkan studi Teologi, Serafim ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1925 dan merayakan misa pertamanya pada tanggal 30 Juli 1925.

Seraphina

Santa Seraphina

Perayaan 12 Maret

Seraphina dilahirkan di sebuah kota kecil di Italia bernama San Geminiano. Pada mulanya, orangtuanya termasuk golongan berada, tetapi kemudian mereka jatuh miskin. Seraphina, atau Fina, begitu ia biasa dipanggil, adalah puteri mereka.

Serapion

Santo Serapion

Perayaan 21 Maret

Serapion hidup di Mesir pada abad keempat. Jaman itu adalah masa-masa cemerlang bagi Gereja dan bagi St Serapion. Sebagai pemuda, ia mengenyam pendidikan yang baik dalam teologi Kristen dan pelajaran sekuler. Beberapa waktu lamanya ia memimpin sebuah sekolah Kristen terkenal di Alexandria yang mengajarkan iman.

Sergius

Santo Sergius

Perayaan 25 September

Santo Pelindung Rusia yang terkenal ini hidup pada abad keempatbelas. Pada waktu dibaptis, ia dinamai Bartolomeus. Ia tidak sepandai kedua saudara laki-lakinya, tetapi ia belajar membaca dan menulis dengan tekun. Hal ini amat menyenangkannya sebab ia sungguh ingin dapat membaca Kitab Suci. Kedua orangtuanya adalah bangsawan.

Sergius I

Santo Paus Sergius I

Perayaan 8 September

Santo Paus Sergius I adalah Paus kita yang ke-84.  Ia menjabat sebagai paus sejak 15 December 687 sampai 8 September 701. Nama aslinya tidak diketahui, namun diyakini ayahnya bernama Tiberius, seorang imigran dari Syria Antiokhia yang telah lama menetap di kota Palermo Sisilia. 

Sesilia

Santa Sesilia

Perayaan 22 November

Konon semenjak kecil Santa Sesilia telah berkaul untuk hidup suci-murni dan tidak menikah. Namun ketika sudah dewasa, ayahnya menikahkannya dengan Valerianus, seorang pemuda yang berhati mulia dan jujur namun masih kafir.

Severinus Noricum

Santo Severinus Noricum

Perayaan 8 Januari

Pemuda bangsawan Romawi ini meninggalkan kehidupan duniawi dan menjadi pertapa di padang gurun Mesir. Meskipun menyukai kehidupan yang tenang dan kontemplatif, Severinus terus merasakan panggilan Tuhan untuknya agar menjadi seorang penginjil. 

Shtjefën Kurti

Beato Shtjefën Kurti

Perayaan 5 November (Pesta bersama para Martir Albania)

Shtjefën (Stefanus) Kurti lahir pada 24 Desember 1898 di Ferizoviç, Kosovo, sebagai anak keenam dari pasangan Jak dan Katrine Kurti. Ia menjalani pendidikan dasar di Graz dan Feldkirch Austria, lalu masuk Seminari Menegah di Innsbruck Austria.

Para Kudus Menurut Abjad & Bulan

a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z

Para Kudus Menurut Topik