Indonesian Indonesian
Asprenus

Santo Asprenus

Uskup pertama Naples

Asprenus

Santo Asprenus

Uskup pertama Naples




Santo Asprenus adalah Uskup Pertama di Keuskupan Napoli (Naples). Ia hidup pada akhir abad pertama dan pada awal abad kedua. Dalam “Calendario Marmoreo di Napoli” (Kalender Marmer Naples) menuliskan keberadaan Santo Asprenus dan fakta bahwa ia hidup selama pemerintahan Kaisar Trajan dan Kaisar Hadrian; dan ia menjadi Uskup di Naples selama dua puluh tiga tahun.  

Tidak banyak yang diketahui tentang riwayat hidupnya. Tradisi mengisahkan bahwa dalam perjalanannya menuju kota Roma; santo Petrus singgah beberapa waktu di kota Naples. Ia berkarya disana dan membabtis banyak orang menjadi pengikut Kristus. Santo Asprenus dan Santa Candida termasuk mereka yang memberikan diri untuk dibabtis, setelah Petrus secara ajaib menyembuhkan Candida dari sakit yang telah dideritanya selama bertahun-tahun.  Petrus kemudian mentahbiskan Asprenus menjadi uskup kota Napoli dan melanjutkan perjalannya menuju kota Roma.

Uskup Asprenus sangat dihormati oleh umat di Naples. Ia dikatakan membangun sebuah kapela Santa Maria del Principio, yang saat ini menjadi Katedral Naples (Duomo di Napoli). 
Setelah kematiannya, banyak sekali keajaiban yang dikaitkan dengannya. Ia dikuburkan di kapela Santa Maria del Principio dan diangkat sebagai salah satu Santo pelindung kota Naples.


  • Hits
    3201
  • Diterbitkan
    20 July 2014
  • Diperbaharui
    02 April 2016
  • Referensi
  • Tags
    Italia - Orang kudus gereja perdana - Uskup

  • Variasi Nama

    Aspren (English), Asprenas (Dutch),  Asprenato, Aspreno, Aspremo (Italian), Asprenus,Asprenatus (Latin).


    Pilih Topik