• Theodota

    Santa Theodota

    Perayaan 29 September

    Menjelang akhir masa pemerintahan Kaisar Licinius, di sekitar bulan September tahun 318, terjadi penganiayaan pada orang Kristen di kota Philippopolis di Thrace (sekarang kota ini disebut Plovdiv – kota terbesar kedua di Bulgaria). Penganiayaan ini bermula ketika Prefek (walikota) Philippopolis yang bernama Agripa memerintahkan agar seluruh kota harus mempersembahkan korban bagi Dewa Apollo. Perintah ini tentu saja tidak dapat dilaksanakan oleh para pengikut Yesus.

  • Honoratus

    Santo Honoratus

    Perayaan 16 Januari

    Santo Honoratus adalah anak seorang konsul Romawi yang masih kafir. Ia menerima pewartaan iman Kristiani dan dibabtis pada usia muda.

  • Marius

    Santo Marius

    Perayaan 19 Januari

    Santo Marius adalah seorang bangsawan Romawi yang menjadi martir Kristus pada masa penganiayaan kaisar Claudius II di akhir abad ke-3. Bersama isterinya, Santa Martha, dan dua orang anaknya yaitu santo Audifax dan Santo Abachum, datang ke Roma untuk berziarah. 

  • Katarina Laboure

    Santa Katarina Laboure

    Perayaan 28 November

    Nama kecil Santa Katarina Laboure adalah : Zoe Laboure. Ia lahir di desa Fainles Mautiers, Prancis pada tanggal 2 Mei 1806, anak kesembilan dari 11 orang bersaudara.  Ayahnya bernama Pierre Laboure, adalah seorang petani yang sangat bersahaja namun saleh. Ibundanya, Louise Madeleine Gontard, juga adalah seorang katolik yang sangat saleh.

  • Maron

    Santo Maron

    Perayaan 14 Februari

    Santo Maron adalah pertapa kudus yang sangat berpengaruh pada pada abad ke-5 di Suriah. Ia tinggal di dekat Sungai Orontes di Cyrrhus - Suriah. Ia menjalani pola hidup asketis yang sangat keras sesuai teladan para pertapa Kristen yang terkenal pada masa itu; Santo Antonius Agung dan Santo Pakhomius. Setiap malam sering dilaluinya dengan berdiri dalam doa.

Kalender Para Kudus

Bulan Oktober

Pilih Topik