• Derphuta

    Santa Derphuta

    Perayaan 20 Maret - 18 Maret (Gereja Orthodox)

    Pada masa penganiayaan Kaisar Diokletianus,  di Kota Amisus, Paphlagonia (Sekarang  Samsun, di Turki Utara) sekelompok wanita Kristen ditangkap dan dianiaya karena tidak mau mengingkari iman mereka akan Yesus Kristus.

  • Paulinus dari York

    Santo Paulinus dari York

    Perayaan 10 Oktober

    Santo Paulinus York adalah salah seorang missionaris yang dikirim Paus Gregorius Agung untuk mengkristenkan bangsa Anglo-Saxon (Inggris) yang pada masa itu adalah bangsa pagan penyembah berhala.

  • Agatha

    Santa Agatha

    Perayaan 05 Februari

    Seorang gadis Kristen nan cantik bernama Agatha hidup di Sisilia pada abad ketiga. Gubernur Romawi kafir mendengar kabar tentang kecantikan Agatha dan menyuruh orang untuk membawa gadis itu ke istana untuk dijadikan sebagai isterinya. Tapi Agatha menolak perintah sang gubernur karena ia ingin mempersembahkan bagi Yesus.

  • Andreas Chong Hwa Gyong

    Santo Andreas Chong Hwa Gyong

    Perayaan 23 Januari - 20 September (Pesta Para Martir Korea)

    Santo Andreas Chong Hwa-Gyong adalah salah seorang dari Para Martir Korea. Ia adalah seorang katekis awam yang bekerja di Vikariat Apostolik Korea. Saat umat Kristen di Korea mengalami penganiayaan, Andreas menyediakan rumahnya sebagai safe house bagi saudara-saudara Kristiani-nya yang sedang dikejar-kejar oleh pasukan pemerintah.

  • Nerses

    Santo Nerses

    Perayaan 19 November

    Nerses Agung hidup pada abad keempat. Ia adalah seorang Patriark  dari Gereja Khatolik Armenia (Patriark dalam tradisi Gereja Katolik Armenia sering juga disebut dengan : Catholicos.  Sedangkan dalam tradisi Katolik Roma disebut : Uskup Agung).  Gereja Khatolik Armenia adalah salah satu dari Gereja Katolik Ritus Timur yang hidup dalam persekutuan penuh dengan Gereja Katolik Roma.

Kalender Para Kudus

Bulan Mei

Pilih Topik